Analisis Dasar Keyword Yang Efektif Untuk SEO

Halo sahabat semua?. blog Cara-Cara Terbaru kembali hadir dan memposting artikel di blog ini. Pada artikel ini saya berikan judul Analisis Dasar Keyword Yang Efektif Untuk SEO dan saya beri kategori Tutorial Blog. Ilmu SEO memang tidak akan habis. Sebuah usaha tanpa dasar hanya akan memberikan dampak positif singkat. Apalagi dalam hal SEO, seseorang bisa saja mengikuti rumus spam kuno, semua pasti sudah tahu. Berbagi backlink dengan sistem mirip "MLM", dimana yang paling atas paling banyak backlinknya. Sedangkan kontennya hanya berisi "cara cepat menaikkan pagerank dan terbukti". Jika cara seperti itu diterapkan 5 sampai 10 tahun yang lalu, mungkin ada efeknya. Tapi untuk sekarang, jangankan dapat PR, malah akan menurun dengan SERPnya. Namun tips-tips blackhat semacam itu masih diikuti saja. Ada yang bilang si A, ngikut. Ada yang bilang si B, ngikut juga. Lama-lama jadi berantakan SEO blognya. Padahal blog belum terisi konten yang bisa dibilang memadai bagi seorang yang mau disebut sebagai blogger.
Tutorial SEO, Tutorial Blogger, Tips Trik Blog, Trik SEO Terbaru 2013, Analisis Keyword, Dasar SEO, PutuGiBagi
Kelirunya dimana ?. Mungkin kita terlalu banyak mie instan atau susu instan cap nona (hahaha...). maunya serba cepat. Cepat dapat pagerank, cepat naik trafficnya, cepat dapat duit, pokoknya super cepat. Sampai-sampai untuk menulis saja tidak sempat. Demikian juga dalam SEO, apabila kita mau mempelajarinya dengan benar, secara esensial, kita pasti akan mengetahui celah yang benar pula. Tidak ada usaha yang dalam waktu singkat dapat tercapai, kecuali dengan mengetahui esensinya. Itupun membutuhkan proses. Belajar blogging butuh proses, SEO pun butuh proses. Tidak ada yang cepat apalagi instan ! Bohong Besar jika ada yang bilang dalam semalam, ditinggal tidur, uang ngalir sendiri. Jika memang benar ada, sebelumnya pasti mengalami proses dulu, yang tentu tidak sebentar. Setelah itu bisa dikatakan "panen raya".

 Kembali ke PC !!

Nah, apakah ada kaitannya dengan topik yang dibicarakan ini ??? ada kok (mudah-mudahan). Keyword adalah kata kunci yang digunakan oleh user search engine untuk mencari listing halaman web yang dimunculkan dalam hasil pencarian. Keyword ini tentunya berdasarkan pada isi konten halaman yang dimaksud oleh si pencari. Oleh karena itu, keyword menjadi esensi utama dari relevansi konten. Tanpa menggunakan keyword di dalam konten, akan sulit sekali bagi Google menentukan relevansinya.

Keyword yang baik di dalam sebuah konten memiliki peran penting dalam meningkatkan visibilitas halaman web/blog di search engine di samping upaya link building. Susunan keyword yang tepat dan variatif akan meningkatkan persentase kemunculan web/blog di hasil pencarian halaman utama SE karena dianggap memiliki relevansi lebih tinggi. Namun demikian, ini tidak bisa disalahartikan sebagai menggunakan keyword sebanyak-banyaknya di dalam konten (spamming). Berbagai update algoritma Google telah mencium strategi pembanjiran keyword ini dan menyingkirkan situs-situs yang hanya bermain keyword saja, tanpa konten memadai. Update algoritma terbaru, yang sempat melibas banyak situs-situs doorway dan situs-situs berkualitas rendah lainnya, adalah Panda. Jadi, kesimpulannya, jangan pernah mengasumsikan bahwa membanjiri keyword, menentukan keyword density hingga berlebihan, dan sejenisnya akan langsung meningkatkan peringkat blog anda. Filter Panda cukup kuat, dan usaha tersebut justru berbahaya. Ini juga menjadi dasar asumsi atas poin-poin yang ingin saya sampaikan berikut, sehingga jangan terus mengasumsikannya sebagai upaya pembanjiran keyword.

 1. Gunakan keyword yang lebih detil dan sempit
Maksudnya, apabila web/blog anda memiliki niche yang jelas, maka perdalam keyword yang digunakan. Keyword "tips internet" tentunya bukan pilihan bijak, karena anda akan bersaing dengan banyak sekali website dan blog, tidak hanya dari Indonesia, tapi dari seluruh dunia. Tingkat kompetisi seperti ini sebaiknya dihindari, apalagi jika situs anda belum memiliki otoritas yang cukup kuat. Pelajari keyword apa yang memungkinkan anda target sesuai dengan konten anda, namun memiliki persaingan cukup rendah. Di sini saya tidak perlu menyarankan penggunaan tool apapun, karena dengan menganalisa konten sendiri dan bermain dengan Google Search saya rasa sudah cukup.
Keyword tunggal sebagai target adalah tantangan yang sangat berat. Demikian juga keyword phrase (keyword dua kata). Esensinya, semakin banyak variasi kata, semakin mudah persaingan. Dikenal istilah long tail keywords, keyword yang terdiri dari beberapa kata, panjang, dan mempersempit hasil pencarian. Misalnya, menggunakan keyword "blogspot" adalah keyword tunggal yang tentunya tidak spesifik, tidak memiliki maksud jelas, tapi tingkat persaingannya cukup tinggi, 2.5 milyar! Tentu bukan ide bagus jika anda mentarget itu. Demikian juga "trik blogspot", dan keyword-keyword frasal lainnya. Tapi jika pengunjung mengetikkan "trik blogspot terbaru", dan itu menjadi target anda, meskipun persaingan lebih kecil, tapi kemungkinan klik sangat besar, karena kesempatan blog anda untuk nongol juga besar. Semakin panjang, semakin variatif, semakin sempit. Trik ini juga berlaku untuk halaman posting. Biasakan membuat variasi keyword pada judul konten dengan long tail keywords. Lakukan analisis kecil-kecilan untuk mengetahui keyword panjang apa saja yang mungkin dimasukkan.
Ini bukan berarti memperluas niche blog, tapi memperluas jangkauan pembaca kepada blog karena ada keterkaitan tema. Pikirkan keyword-keyword yang tidak secara langsung berkaitan dengan niche, tapi menarik bagi pembaca, dan gunakan keyword-keyword tersebut. Misalnya, jika blog anda berfokus pada "internet marketing" secara umum, pikirkan kebutuhan pembaca yang bersifat khusus, misalnya "affiliate marketing", "cari uang dari blog", bahkan "e-commerce". Ketika pembaca menemukan halaman anda pada hasil pencariannya, maka anda mendapatkan tambahan traffic.
Sumber paling sederhana untuk melacak keyword yang masuk pada web/blog adalah Google Webmaster Tools, tapi tentu anda juga bisa menggunakan tool-tool lainnya. Ada kalanya anda akan melihat berbagai macam keyword yang masuk di luar dugaan anda, dengan berbagai macam variasi dan panjang pendeknya. Anda akan melihat pada keyword tertentu yang tidak terduga justru cukup mendapatkan banyak klik, tapi pada keyword target justru lebih sedikit. Bandingkan kedua hal tersebut. Ambil mana saja yang menurut anda benar-benar menjadi kebutuhan pembaca; dan itulah sebenarnya yang lebih mudah ditarget :)
Tidak semua keyword bisa berhasil digunakan pada situs yang berbeda. Daripada menghabiskan waktu mengoptimasikan keyword yang nyata-nyata sulit dicapai, perhatikan keyword apa saja yang berhasil pada web/blog anda, dan optimasikan dengan santai. Pelajari juga situs-situs lain yang sudah sukses dengan keyword-keywordnya. Pelajari juga struktur konten mereka karena ini juga menjadi penentu. Situs dengan struktur yang mudah dibaca (navigasi, deep linking, sitemap, dll) memungkinkan keyword-keyword dan halaman terdalam dapat dibaca dengan baik oleh search engine.
2. Gunakan keyword tambahan pada keyword yang ditarget
3. Perluas jangkauan keyword dengan memikirkan kebutuhan pembaca
4. Dengarkan pembaca melalui analisis traffic
5. Pelajari dan refleksikan
-------------
Refleksi!
Sebagai penutup, pastikan upaya-upaya yang anda lakukan setelah melakukan analisis jauh dari yang disebut sebagai spam. Karena ini percuma saja dan dapat menyia-nyiakan upaya analisis keyword yang sudah dilakukan. Jika sudah siap, anda bisa langsung melakukan optimasi keyword pada konten/posting anda. Referensi :
http://buka-rahasia.blogspot.com/2013/01/dasar-analisis-keyword-meningkatkan-seo.html

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Serial Number Adobe Photoshop CS3

Kumpulan Puisi Cinta Tak Direstui Terbaru

Cara Mudah Download Video Youtube Tanpa Software